driftig

Minggu, 01 Agustus 2010

cara ngedrift untuk para pemula

Aq coba sedikit jelasin tentang teori teknik2 drift, mohon bagi yang lebih tau tentang drift bisa menambahkan klo ad yang salah...

1. HANDBRAKE DRIFT difficulty level : LOW
Teknik pake rem tangan ga' susah, kaya' di film FFTD "just use your hand brake" khe2. Biasanya orang yang pake' teknik ini, pedal handbrake mobil standart diganti, biar kalo ditarik ga' ngunci. Caranya injek kopling, belokin stir, tarik handbrake saat deselerasi bwat ngilangin traksi roda blakang dari jalan, kalo bokong mobil dah ngerasa nggeser lepas handbrake, lepas kopling+injek en atur gas but jangan lupa bwat counter steer biar seimbang en ga' spin. Kekurangan dari handbrake drift biasanya speed langsung drop.

2. POWER OVER DRIFT difficulty level : MEDIUM LOW
Intinya mobil yang dipake harus punya torsi yang gede biar traksi roda blakang bisa pecah. Saat belok, tinggal injek pedal gas dalem2. kalo mang mobilnya kuat, pasti ngeslide. Nah klo udah ngeslide tinggal atur gas ama counter steer aj.

3. KANSEI DRIFT difficulty level : MEDIUM LOW
Kata lainnya accel off drift, saat lagi kenceng2nya mobil belok tiba2 mengangkat kaki dari pedal gas. Hal itu bikin distribusi bobot mobil pindah kedepan dan otomatis bikin bokong mobil nggeser, saat itu kembali ijek+atur gas en counter steer biar seimbang en ga' spin. sebenernya ini teknik dasar banget biar drifter bisa ngerasa'in gimana cara ngendali'in mobil, gimana cara memindahkan beban en biasanya dilakuin di tikungan yang ga' begitu tajem.

4. BRAKING DRIFT difficulty level : MEDIUM
Kalo udah biasa kansai, drifter biasanya beralih ke braking drift. Saat belok selain dekelerasi, dengan nginjek pedal ram dalem2 distribusi bobot pindah kedepan otomatis traksi ban blakang ilang, tinggal atur gas ama couter steer. Biasanya braking drift dipake' kalo belokan aga' tajem.

5. FEINT DRIFT difficulty level : MEDIUM
Nah, ini njelasinnya aga' repot, feint biasanya teknik yang dipake para perelly. Feint drift kaya' efek pendulum, jadi bawa mobil kearah berlawanan dari tikungan, trus tiba2 balik ke arah tikungan. Kalo dibayangin, kaya' mbuang bokong mobil biar ngeslide. Sisanya tinggal atur gas ama counter steer.

6. CLUTCH KICK difficulty level : MEDIUM HIGH
Teknik ini digunakan untuk memicu drift tanpa mengurangi kecepatan. Caranya saat belok injak kopling sambil full throttle en revving mesin, baru lepas kopling. Proses harus dilakukan sekedip mata agar mesin ga' over-rev. Yup! teknik ini berpotensi untuk ngerusak sistem drive train mobil, terutama kopling. teknik ini dipakai harus dengan penggantian kopling kompetisi.

7. SHIFT LOCK DRIFT difficulty level : MEDIUM HIGH
Hampir sama ama cluth kick, hanya bedanya drifter memindah gigi lebih rendah untuk menurunkan rpm lalu lepas kopling untuk melambatkan roda blakang agar oversteer. Sama ama cluth kick, teknik ini berpotensi untuk ngerusak sistem drive train mobil. Untuk shift lock yang rawan jebol gearboxnya.

8. MANJI DRIFT difficulty level : HIGH
Wuh! ini dia teknik ekstreem drift. Manji sendiri diambil dari simbol religius yang dikenal sebagai "reverse swastika", karena mobil bagaikan pena diatas aspal. Dijalan lurus bagian blakang mobil dibuat bergoyang2 ke kanan dan kekiri, oversteer perlahan dari sisi ke sisi yang lain dengan perpaduan pengaturan gas+counter steering. teknik ini meninggalkan jejak zigzag di aspal sebelum akhirnya masuk ke tikungan.

Buat drifter profesional, teknik2 yang ada mereka kombinasi'in. Kaya' MANJI+FEINT+CLUTH KICK, ato HANDBRAKE+SHIFT LOCK, dan laen2 sesuai kebutuhan speed en tikungan yang mao diambil.

Image

YAK! begitulah beberapa teknik2 drift yang aq ketahui. Semua yang aq tulis hanyalah teori, prakteknya??? hmmm... sulit sekali!!! butuh kecepatan yang tinggi dan nyali, bikin jantung deg2an saat bokong mobil nggeser... Yaaa Haaa...

bagi yang mao nambahin silahkan, atau share tentang pengalaman ngedrift...

Sori kalo ad yang salah, thanx bro...

21 komentar:

  1. itu adalah tehnik drif yang dibuat oleh orang yang tidak berpendidikan yang hanya bisa copy dan paste saja milik orang lain...!!!
    kalo mau adu drif sama saya saja yang ahli hha.. :)(justkidd mamen)

    BalasHapus
  2. klo saya ga peduli itu copy paste, yg pnting cara mreka yg mau berbagi ilmu good.
    klo bisa tambahkan brow videonya ,
    saya perna nyoba si sbnrnya, tpi saya pngn tau cara kalian ngdrf mobil. siapa atau qt bisa tukar pnglaman.
    SYAM

    BalasHapus
  3. Gw ngedrift nabrak pembatas hadeh RX7 ancour

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan takut rusak kalo lagi drifting, kalo gamau rusak kurung aja mobilnya bro (:

      Hapus
  4. Semoga semakin banyak orang memikirkan drift tidak hanya dengan materi.. tapi cobalah DRIFT FOR FUN (:

    BalasHapus
  5. DRIFT for fun by BECAK... wkwkwkwkw

    BalasHapus
  6. klo liat di pilm2, yg umum dipake pan sedan ya Gan, klo pake kek avanza ato panther bisa nggak ya ?
    mohon penjelasan tekniknya, apakah teknik drift ini khusus untuk penggerak mobil belakang ato depan.

    makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuman mobil MR(Penggerak roda belakang) yg bisa ngedrift krn semua rotasi putaran & tenaga ada di bagian roda belakang mobil, klo FR(berpenggerak roda depan) gk bisa alasannya krn semua tenaga mobil diambil alih roda depan, jdi misalnya lo coba handbrake drift, yg ada dia ngespin klo engga nabrak pembatas, klo 4wd gk bisa ngedrift alasannya hampir sama kyk mobil FR, cuman klo 4wd masih bisa powerslide, powerslide itu hampir sama kyk drift, tpi dia tidak butuh latihan lama, asal aja tarik rem tangan abis itu di slide mobilnya, gak bakal ngespin deh, 4wd susah dibuat ngespin, tpi tetep itu namanya bukan drift, Avanza sebenarnya bisa dibuat ngedrift, tpi transmisi sama rem tangannya harus diganti dolo, krn klo transmisi masih stelan pabrik, akselerasinya masih pelan/tidak langsung, dengan kata lain ntar pas mau ngedrift malah berenti mobilnya, nah klo panther itu sebaiknya diganti dulu mesinnya jgn diesel, krn diesel itu gue jg g tau knp.. orang2 kebanyakan bilang klo pke diesel selalu ngespin, makanya orang di F1 jaman dolo g pernah ngedrift(skrg juga kg ada yg namanya F1 ngedrift wokwok) soalnya F1 jaman dolo itu pke mesin Le Mans diesel yg pistonnya ada 8, nah sekian dri pendapat/saran saya, Terima Kasih.....

      Hapus
    2. ralat FR (front rear {mobil mesin depan penggerak belakang)
      mr (middle rear {mesin tengah gerak belakang}
      rr (rear rear { mesin belakang gerak belakang {kayak porsche}
      ff (front front {mesin depan gerak depan
      4wd (tau sendiri lah

      Hapus
    3. Dulu gue pernah ngedrift pake APV sama baleno standart baru turun dari truck pas lagi magang di suzuki... Itu gue diajarin sama mekaniknya cuma main gas, kopling sama perseneling... Buat kemudi cuma pake perasaan aja karna udah biasa tiap hari coba mobil begituan.. Alhasil kerekam cctv bengkel dapat peringatan...
      Kalo mobil dirumah cuma Toyota Corolla DX buat clasic'an jadi gak berani coba takut mesin jebol....

      Hapus
  7. boleh dong tolong ajarin cara ngedrif abis itu coba buat balap sambil ngedrif mantap^_^

    BalasHapus
  8. kasih tau juga dong tempat belajar drifting nya dimana?

    BalasHapus
  9. pertama kali gw nyoba drift lebih enak make pick up, tapi pas ksrngan nyoba central unit kopling bawah langsung brake hahaha

    BalasHapus
  10. kalo transmisinya automatic bisa nggak?

    BalasHapus
  11. Kalo buat pemula mau nyoba drifting kan persiapannya mesti byk, mobil utama, sama skill and jalan kosong yg enak pastiny, resiko mobil knp2 kan besar juga, ada gak jasa latian drift dgn mobil yg sudah sesuai spesifikasinya? Kalo ada pasti bakal menarik

    BalasHapus
  12. kalo ane pake pick up thun 90 an.....
    untung aja mesinya ngk ketinggalan...
    whahaha,.,.,..,.

    BalasHapus
  13. Balasan
    1. Dasar bocah kampung!
      Gableg rx8 dr mana!
      Udh kampung kampungan lg!
      Balap becak aja lo nyet!
      Dasar jawa koek!

      Hapus
  14. Sedan Cielo ito mesin penggerak depan / belakang? ,,,,bnrn g' tau gua. ...!!!!!!

    BalasHapus