Aq coba sedikit jelasin tentang teori teknik2 drift, mohon bagi yang lebih tau tentang drift bisa menambahkan klo ad yang salah...
1. HANDBRAKE DRIFT difficulty level : LOW
Teknik pake rem tangan ga' susah, kaya' di film FFTD "just use your hand brake" khe2. Biasanya orang yang pake' teknik ini, pedal handbrake mobil standart diganti, biar kalo ditarik ga' ngunci. Caranya injek kopling, belokin stir, tarik handbrake saat deselerasi bwat ngilangin traksi roda blakang dari jalan, kalo bokong mobil dah ngerasa nggeser lepas handbrake, lepas kopling+injek en atur gas but jangan lupa bwat counter steer biar seimbang en ga' spin. Kekurangan dari handbrake drift biasanya speed langsung drop.
2. POWER OVER DRIFT difficulty level : MEDIUM LOW
Intinya mobil yang dipake harus punya torsi yang gede biar traksi roda blakang bisa pecah. Saat belok, tinggal injek pedal gas dalem2. kalo mang mobilnya kuat, pasti ngeslide. Nah klo udah ngeslide tinggal atur gas ama counter steer aj.
3. KANSEI DRIFT difficulty level : MEDIUM LOW
Kata lainnya accel off drift, saat lagi kenceng2nya mobil belok tiba2 mengangkat kaki dari pedal gas. Hal itu bikin distribusi bobot mobil pindah kedepan dan otomatis bikin bokong mobil nggeser, saat itu kembali ijek+atur gas en counter steer biar seimbang en ga' spin. sebenernya ini teknik dasar banget biar drifter bisa ngerasa'in gimana cara ngendali'in mobil, gimana cara memindahkan beban en biasanya dilakuin di tikungan yang ga' begitu tajem.
4. BRAKING DRIFT difficulty level : MEDIUM
Kalo udah biasa kansai, drifter biasanya beralih ke braking drift. Saat belok selain dekelerasi, dengan nginjek pedal ram dalem2 distribusi bobot pindah kedepan otomatis traksi ban blakang ilang, tinggal atur gas ama couter steer. Biasanya braking drift dipake' kalo belokan aga' tajem.
5. FEINT DRIFT difficulty level : MEDIUM
Nah, ini njelasinnya aga' repot, feint biasanya teknik yang dipake para perelly. Feint drift kaya' efek pendulum, jadi bawa mobil kearah berlawanan dari tikungan, trus tiba2 balik ke arah tikungan. Kalo dibayangin, kaya' mbuang bokong mobil biar ngeslide. Sisanya tinggal atur gas ama counter steer.
6. CLUTCH KICK difficulty level : MEDIUM HIGH
Teknik ini digunakan untuk memicu drift tanpa mengurangi kecepatan. Caranya saat belok injak kopling sambil full throttle en revving mesin, baru lepas kopling. Proses harus dilakukan sekedip mata agar mesin ga' over-rev. Yup! teknik ini berpotensi untuk ngerusak sistem drive train mobil, terutama kopling. teknik ini dipakai harus dengan penggantian kopling kompetisi.
7. SHIFT LOCK DRIFT difficulty level : MEDIUM HIGH
Hampir sama ama cluth kick, hanya bedanya drifter memindah gigi lebih rendah untuk menurunkan rpm lalu lepas kopling untuk melambatkan roda blakang agar oversteer. Sama ama cluth kick, teknik ini berpotensi untuk ngerusak sistem drive train mobil. Untuk shift lock yang rawan jebol gearboxnya.
8. MANJI DRIFT difficulty level : HIGH
Wuh! ini dia teknik ekstreem drift. Manji sendiri diambil dari simbol religius yang dikenal sebagai "reverse swastika", karena mobil bagaikan pena diatas aspal. Dijalan lurus bagian blakang mobil dibuat bergoyang2 ke kanan dan kekiri, oversteer perlahan dari sisi ke sisi yang lain dengan perpaduan pengaturan gas+counter steering. teknik ini meninggalkan jejak zigzag di aspal sebelum akhirnya masuk ke tikungan.
Buat drifter profesional, teknik2 yang ada mereka kombinasi'in. Kaya' MANJI+FEINT+CLUTH KICK, ato HANDBRAKE+SHIFT LOCK, dan laen2 sesuai kebutuhan speed en tikungan yang mao diambil.
Image
YAK! begitulah beberapa teknik2 drift yang aq ketahui. Semua yang aq tulis hanyalah teori, prakteknya??? hmmm... sulit sekali!!! butuh kecepatan yang tinggi dan nyali, bikin jantung deg2an saat bokong mobil nggeser... Yaaa Haaa...
bagi yang mao nambahin silahkan, atau share tentang pengalaman ngedrift...
Sori kalo ad yang salah, thanx bro...
itu adalah tehnik drif yang dibuat oleh orang yang tidak berpendidikan yang hanya bisa copy dan paste saja milik orang lain...!!!
BalasHapuskalo mau adu drif sama saya saja yang ahli hha.. :)(justkidd mamen)
gampang tu drift aj kok repot
HapusSebenernya drift itu mengendalikan mobil yg tak terkendali,jadi itu kita harus menyatu atau membaca mobll saat tidak terkendali,untuk mau membuat donat setir harus belok 30 derajat llalu rpm selalu setabil sekitaran 4000-5000 udah mudah kok sebenernya ya intinya drift itu seni keindahan
Hapusmantaappp...:D
BalasHapusklo saya ga peduli itu copy paste, yg pnting cara mreka yg mau berbagi ilmu good.
BalasHapusklo bisa tambahkan brow videonya ,
saya perna nyoba si sbnrnya, tpi saya pngn tau cara kalian ngdrf mobil. siapa atau qt bisa tukar pnglaman.
SYAM
Malah saya baru mau belajar bro, mohon dukungan bro
HapusMalah saya baru mau belajar bro, mohon dukungan bro
HapusGw ngedrift nabrak pembatas hadeh RX7 ancour
BalasHapusjangan takut rusak kalo lagi drifting, kalo gamau rusak kurung aja mobilnya bro (:
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapuslucu deh kalian (:
BalasHapusSemoga semakin banyak orang memikirkan drift tidak hanya dengan materi.. tapi cobalah DRIFT FOR FUN (:
BalasHapusDRIFT for fun by BECAK... wkwkwkwkw
BalasHapusklo liat di pilm2, yg umum dipake pan sedan ya Gan, klo pake kek avanza ato panther bisa nggak ya ?
BalasHapusmohon penjelasan tekniknya, apakah teknik drift ini khusus untuk penggerak mobil belakang ato depan.
makasih sebelumnya
cuman mobil MR(Penggerak roda belakang) yg bisa ngedrift krn semua rotasi putaran & tenaga ada di bagian roda belakang mobil, klo FR(berpenggerak roda depan) gk bisa alasannya krn semua tenaga mobil diambil alih roda depan, jdi misalnya lo coba handbrake drift, yg ada dia ngespin klo engga nabrak pembatas, klo 4wd gk bisa ngedrift alasannya hampir sama kyk mobil FR, cuman klo 4wd masih bisa powerslide, powerslide itu hampir sama kyk drift, tpi dia tidak butuh latihan lama, asal aja tarik rem tangan abis itu di slide mobilnya, gak bakal ngespin deh, 4wd susah dibuat ngespin, tpi tetep itu namanya bukan drift, Avanza sebenarnya bisa dibuat ngedrift, tpi transmisi sama rem tangannya harus diganti dolo, krn klo transmisi masih stelan pabrik, akselerasinya masih pelan/tidak langsung, dengan kata lain ntar pas mau ngedrift malah berenti mobilnya, nah klo panther itu sebaiknya diganti dulu mesinnya jgn diesel, krn diesel itu gue jg g tau knp.. orang2 kebanyakan bilang klo pke diesel selalu ngespin, makanya orang di F1 jaman dolo g pernah ngedrift(skrg juga kg ada yg namanya F1 ngedrift wokwok) soalnya F1 jaman dolo itu pke mesin Le Mans diesel yg pistonnya ada 8, nah sekian dri pendapat/saran saya, Terima Kasih.....
Hapusralat FR (front rear {mobil mesin depan penggerak belakang)
Hapusmr (middle rear {mesin tengah gerak belakang}
rr (rear rear { mesin belakang gerak belakang {kayak porsche}
ff (front front {mesin depan gerak depan
4wd (tau sendiri lah
Dulu gue pernah ngedrift pake APV sama baleno standart baru turun dari truck pas lagi magang di suzuki... Itu gue diajarin sama mekaniknya cuma main gas, kopling sama perseneling... Buat kemudi cuma pake perasaan aja karna udah biasa tiap hari coba mobil begituan.. Alhasil kerekam cctv bengkel dapat peringatan...
HapusKalo mobil dirumah cuma Toyota Corolla DX buat clasic'an jadi gak berani coba takut mesin jebol....
boleh dong tolong ajarin cara ngedrif abis itu coba buat balap sambil ngedrif mantap^_^
BalasHapuskasih tau juga dong tempat belajar drifting nya dimana?
BalasHapuspertama kali gw nyoba drift lebih enak make pick up, tapi pas ksrngan nyoba central unit kopling bawah langsung brake hahaha
BalasHapuskalo transmisinya automatic bisa nggak?
BalasHapusKalo buat pemula mau nyoba drifting kan persiapannya mesti byk, mobil utama, sama skill and jalan kosong yg enak pastiny, resiko mobil knp2 kan besar juga, ada gak jasa latian drift dgn mobil yg sudah sesuai spesifikasinya? Kalo ada pasti bakal menarik
BalasHapuskalo ane pake pick up thun 90 an.....
BalasHapusuntung aja mesinya ngk ketinggalan...
whahaha,.,.,..,.
RX8 gue nyerempet pembatas -_-
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapusklo dia beneran punya gimana coeg???
HapusSedan Cielo ito mesin penggerak depan / belakang? ,,,,bnrn g' tau gua. ...!!!!!!
BalasHapuscoba aja tes di dyno test nanti bakal tau mobil nya ff atau fr gan
HapusHaha ngakakk baca komen lo semua men
BalasHapusyg punya blog share cara ngedrift mobil blon tentu punya,najis loe bray
BalasHapusgw pernah drift pake 02' skyline v-spec II tipe AWD dan hasilnya lumayan tapi kalo mau pake mobil tipe awd steer gak harus terlalu counter steer karena roda depan udah gerak jadi kalo mau counter steer ya sedikit aja
BalasHapuskalo mau latihan coba aja dilapangan dulu bikin belokan pake cone bola (kalo punya) dijamin bagi yg mobil ya takut ancur lama lama ga akan takut klo udah kebiasaan
BalasHapuspermisi sensei...mau tanya untuk komunitas DRift Tangerang ada yang tau tidak..atau tempat kursus drifter. dan mobil saya suzuki estilo 900cc FF. apa harus ada yang di tune dari mesin atau yg lainnya..
BalasHapusNOTE: BUKAN SUZUKI KARIMUN ESTILO TAPI SUZUKI ESTILO LIMITED EDITION
saya pernah punya mobil drift cefiro a31, pake mesin rb25det... cm baru sampe tahap belajar aja sih.. udah lumayan banget buat ngesot2... ahirnya ke pentok istri ga bisa pake harus di jual deh.. skrg ganti lancer cb5 ga bisa ngepot2 lagi.. btw ada yg bawa cefiro kah disin??
BalasHapuscefiro mobil fwd kan???!!
BalasHapusemg bsa pke drift
Rwd
Hapusgw cobak ngedrift tpi tabrak mobil orang lain ,skyline gw depannya penyok ,tpi lancer nya hancur slide nya...ganti rugi banyak jadinya
BalasHapusGw.. Pengen drift sih.!! Tapi takut mobil gw kenapa2? Entar kalau nabrak sesuatau..gw yg kena marah ortu !
BalasHapus:3 gw dah latihan di lapangan terbuka tapi gak bisa2, lepas kendali mulu
BalasHapus:3 gw dah latihan di lapangan terbuka tapi gak bisa2, lepas kendali mulu
BalasHapusGua udah coba ngedriff pake Mitsubishi galant vr4 Dan hasilnya lumayan ... Kalian coba gan
BalasHapusGua udah coba ngedriff pake Mitsubishi galant vr4 Dan hasilnya lumayan ... Kalian coba gan
BalasHapusgua kebetulan punya cressida taun 86 udh swap engine pake 1jz ajib dah buat ngesot ngesot..
BalasHapusYang jelas harus ada niat untuk melakukan itu semua
BalasHapusGa cuma cocot aja yng di gedein..
Saran : Kasi komentar itu yang sehat..jangan asal nyocot..(bagi yng merasa sihh)
Udah di kasi info malah banyak cocot.an yang gak penting..
Mending diem aja..
Ga suka..?
Salam 1 aspal
Hore , gue udah bisa ngedriff
BalasHapusngedrift lah brooo. biar makin ganteng kyk gue
BalasHapusNgakak baca komen2 nya
BalasHapusNgikut koment ahhhhhh.malang ada gak ni komunitasnya.pingin tau aja,pingin belajar,soale waktu lomba slalom ada corolla 73 ngedrif hampir juara eh gardan belakang lepas,wih pingin ikutan belajar ngedirif
BalasHapusTengkyu gan sharenya, semoga positif pas trainingnya wk.
BalasHapusNote: buat yg di atas tadi, ente mending ngedrift pake bajai aja kalo bacotnya gede wk
Mending tidur. Aman
BalasHapussaya drift udh abis 4 set ban , ngabisin duit -_-
BalasHapusBtw belajaran di Track lebar. Untuk teknik power over drift.. Lumayan lah walaupun sedikit takut tapi mantep ilmu nya. 👍
BalasHapushahaha,,bisa jg nih cuy,,
BalasHapusCoba AE86 SPRINTER TRUENO,mantap Driftnya,The King of Akina
BalasHapusSaya mau ngedrift tp mobil x gak punya... 😂😭😭😭
BalasHapusOke sip. Tq min... Akan saya coba teori ini
BalasHapusTss standar apa bisa dibuat ngedriff apa tidak,mohon pencerahan nya suhu.. Pemula hhhhh
BalasHapusN.... NANI.............??!!!
BalasHapusKANSEI DORIFTO.............
saya pakek civic wonder th 87 tipe sedan bisa ngedrift. saya injek gas dalem dalem terus driftnya dengan metode handbrake. bisa seh ngeslide tapi counter steringnya gak pas jadi nabrak dah dinding, untung yang rusak cumak lampu seinnya aja hehe
BalasHapusApa salah nya di coba dulu
BalasHapusSaya kira ngedrift itu cuma injak handbrack sedikit sedikit lalu mobil tetap digas lalu di belok kan
BalasHapusKlo cerssida apa aja yg di ubah om biar bisa ngedrif
BalasHapusSekian banyak comment koq gk ada ngebahas mslh ban buat ngedrivt,mank ban apa aja bisa ya...??? Wkwkwkwkwkwk.... Ups..sorry
BalasHapus